Rabu, 09 Maret 2011

Sedikit Tentang Codec

arti codec
                 Beberapa hal tentang codec yang sering menjadi pertanyaan mengenai apa itu Codec dan fungsi nya dalam file video akan coba saya share disini, bukan bermaksud sok tahu, hanya mencoba share kalo ada salah silahkan dikoreksi hihi.
           Arti Codec sendiri diambil dari kata COmpressor/DECompressor
File video pasti memerlukan codec yang berfungsi untuk men-decompress setiap frame nya agar bisa di putar / ditonton saat di setel film nya (wah bahasanya ribet banget ya ).  Codec itu ada bermacam macam, untuk penjelasan tiap macam codec silahkan lihat sendiri di sini.
            Jadi jika anda meng-compress suatu file video di sebuah PC, apabila mau memutar/ memainkan di komputer lain maka di komputer lain tersebut harus ter-install codec yg sama seperti pada PC yg digunakan untuk meng-compress file video itu.
Nah, fungsi codec yg paling utama menurut saya itu adalah untuk menyesuaikan besar file video (nantinya setelah di compress) menurut kebutuhan, misal anda habis rekam film pake camcorder miniDV trus di capture ke PC pasti file bergiga giga kan? nah padahal anda ingin share file video itu ke teman teman anda, solusinya adalah compress file tersebut dengan codec yg diperlukan, mislanya menggunakan codec MP4 jadi file nya tidak begitu besar ukurannya dan bisa dinyalain di HP/Ponsel. Tergantung kebutuhan lah..  :-D
Referensi tambahan klik di sini. dan disini sini.

4 komentar:

  1. nice info gan...semoga kabar baik selalu
    mantap gan...salam damai dari ambon

    BalasHapus
  2. ilustrasinya Media player clasic.. andalanku tuh, bisa muter hampir semua format film, nice share bro.
    aku follow ya, followback kalo berkenan

    BalasHapus
  3. berkunjung sambil baca codec...thanks atas infonya...

    BalasHapus