Rabu, 13 Juli 2011

MENETASKAN TELUR JANGKRIK





Menetaskan Telur Jangkrik.
Langkah –langkah menetaskan telur jangkrik:
1. Telur di angin –anginkan dan diratakan
2. Setelah telur kering taruh didalam kain atau koran,sesuai kebutuhan maximam 0.5 Kg( Setiap 400 gram telur akan menghasilkan 80 kg jangkrik umur 35 hari ) tiap bagian, setelah itu jadikan satu ujung-ujungnya dari koran/kain tersebut (dibuntel)
3. Setelah itu masukan dalam baskom atau ditaruh di lembaran tripek/kardus,jangan di tali mati atau ditutup rapat trus digantungkan untuk menghindari hama (semut,cicak,kecoa,dll)
4. Setelah 2 atau 3 hari coba cek kondisi telurnya sambil diratakan jangan ada yang mengumpal,kalau warna sudah berubah coklat tua dan sudah kelihatan tunas matanya atau sudah ada 1 atau 2 telur yang sudah menetas,dalam kondisi tsb telur sudah siap di pindah ke media penetasan.
5. Buat media penetasan pake lembaran tripek / kardus ukuran 50cm x 50 cm dalam box penetasan,taruh dan ratakan telur yang sudah siap menetas,setelah itu ditutup dengan dedaunan/kain/koran.
6. Untuk kelembaban atasnya disemprot air seperlunya aja jangan terlalu basah. Kelembapan udara di dalam box selalu dikontrol agar tidak terlaulu basah atau terlalu kering. Jika terlalu basah, akan memudahkan tumbuhnya jamur yang dapat merusak telur. Sebaliknya, apabila kelembapan udara di dalam box terlalu kering, telur tersebut menjadi gabuk, dan embrio tidak kuat memecah kulit telur tersebut, akibatnya bibit mati sebelum menetas
7. Kondisi normal setelah semalam telur sudah banyak yang menetas,tunggu sampai 3-4 hari sampai telur menetas semua.
8. Anak jangkrik umur 1 hari sudah memerlukan makanan,pakan yang diberikan pur ayam yang diselep halus atau ditumbuk trus diayak,juga sayuran seperti kangkung,kubis dan sayur hijau lainnya untuk minumnya.
9. Kualitas pakan dan kebersihan kandang dan lingkungan merupakan faktor penting demi keberhasilan dalam pembesaran jangkrik.
10. Pastikan suhu ruangan stabil yaitu tidak terlalu panas atau lembab,kalau lembab dikasih penerangan lampu
referensi: gudang-jangkrik.

3 komentar:

  1. uppload soal ternak ato budidaya lele sob

    BalasHapus
  2. oh ya lihat postingan q liputan downhill...........

    BalasHapus
  3. Cara memproduksi telur jangkrik, mohon di uipload...

    BalasHapus