Kamis, 18 November 2010

Perhatian! Begadang Dapat Picu Kanker

Perhatian !  Begadang 
Dapat Picu Kanker

         Bagaimana  begadang dari segi kesehatan ? dan apa dampaknya? Selain akan mengganggu produktifitas kerja esok harinya, begadang juga mengancam kesehatan sob. Ngak percaya sob coba aja begadang setiap hari pasti tau akibatnya hehe...
           begadang bukan hanya tak ada gunanya sob, tapi juga dapat memicu kanker. kenapa bisa begitu? Badan kesehatan dunia ( WHO ) baru saja mengeluarkan surat rekomendasi  kepada negara anggota PBB untuk Menilik kembali peraturan Shift malam warganya.
  
SEL RUSAK
      Sebuah riset yang berlangsung dari 1987 oleh ahli kanker Steve Richards menunjukkan, korelasi antara kerja antara malam dan kemungkinan menderita kanker. Orang-orang yang bekerja di malam hari hingga subuh atau pagi hari ternyata memiliki ketidakseimbangan hormon yang akhirnya mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Khususnya pada perkembangan sel-sel rusak yang seharusnya di hancurkan oleh sel-sel imun.
     Pada tubuh normal, yakni waktu kerja pagi - sore, siklus metabolisme tubuh akan meningkat di pagi hari dan mulai menurun hingga malam hari. saat seseorang memaksakan untuk terjaga di malam hari , tubuh akan memompa darah sebanyak mungkin dan mendorong sistem imun untuk meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh seperti sel T dan CD4.

    Bila "Pemaksaan" ini dilakukan satu sampai dua kali, tubuh masih dapat memberikan toleransi. Tetapi saat menjadi kebiasaan, siklus tubuh yang diatur oleh jam biologis otak (circadian time clock) akan berubah dari default (pagi-sore) menjadi pagi-sore. ini membuat kekebalan tubuh menurun di pagi hari di mana bibit penyakit dan bahan-bahan karsinogenik (Pemicu kanker) bertebaran di udara akibat perubahaan suhu dan angin.
Jam De-toxin Tubuh  Waktu Malam Hari
  •     Malam hari pkl. 9-11 adalah pembuangan zat-zat tidak berguna atau racun (de-toxin) di bagiaan sistem antibodi ( kelanjar betah bening ). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga dalam kondisi yang tidak santai misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini berdampak negatif bagi kesehatan.
  •    Malam hari Pkl. 11 sampai dini hari pkl. 1 adalah saat proses de-toxin di bagiaan hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas. pasti tau kan sob akibatnya bila tidak tidur sampai jam 1

  •    Dini hari Pkl 1 sampai 4 adalah proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

    Paru - paru yang kotor
  •    Dini hari Pkl 3-5 adalah de-toxin di bagian paru-paru . Sebab itulah akan terjadi batuk-batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernapasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

  •    Pagi Pkl. 5-7 adalah de-toxin di bagian Usus besar, harus buang air di kamar kecil, mangkanya sob biasanya habis bangun mesti kebelet pipis hehe
  •    Pagi Pkl 7-9 adalah penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya akan lebih pagi yaitu waktu sebelum Pkl. 7. Yang biasanya makan pagi sebelum pukul 7.30 sebaiknya merubah kebiasaan ini ya sob.
        Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna sob. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itulah, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang sob.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar