Sabtu, 06 November 2010

Semua Tentang Air

     Air. Zat ini pasti bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita Sehari hari kita selalu menggunakan air . Kita juga tau bahwa air tidak hanya dekat dengan kehidupan manusia. Mahluk hidup lainya, yaitu tanaman/tumbuhan dan hewan, pun memerlukan air.
Air membantu tanaman menyerap nutrisi yang terkandung didalam tanah agar bisa bertumbuh. Sama seperti manusia, hewan darat memerlukan air untuk diminum. Beberapa bahkan juga memerlukan air untuk mandi atau mendinginkan tubuh dari hawa panas. Sementara hewan air memerlukan air sebagai habitat.
Namun, taukah anda hal lain yang juga membuat air pantas disebut zat yang sangat istimewa sehingga patut dipelihara sebaik-baiknya?

   Sumber kehidupan
   Tujuh puluh lima persen bagian bumi terdiri dari air. Sebagian besar dari air (80%) ada dipermukan bumi, dan sebagian lagi (20%) ada di dalam tanah dan atsmofer. Air inilah yang menjadi sumber kehidupan yang sangat penting bagi mahluk hidup.
Selain untuk keperluaan sehari-hari, manusia juga menggunakan air untuk:
  1. Angkutan
  2. pertanian
  3. industri
  4. pembangkit listrik
Demikian besar manfaat air bagi mahluk hidup, dapat dibayangkan betapa buruk dampak yang dirasakan jika air tercemar oleh limbah pabrik, bahan kimia pertanian, serta limbah rumah tangga seperti minyak dan detergen.

    Manfaat air bagi kesehatan

    Air sangat penting bagi kesehatan. Kita bisa hidup seminggu tanpa makan tetapi akan mati jika tidak minum seminggu. Ini dikarenakan tubuh akan mengalami dehidrasi jika tubuh kekurangan cairan.
    Anda pasti pernah mendengar saran ini:” minumlah minimal 8 gelas atau dua liter air putih setiap hari”
memang benar saran tersebut, kita haru banyak minum air putih agar tubuh kita berfungsi dengan baik . Mengapa? Karena air membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita, dua organ penyaring racu n didalam tubuh kita, yaitu ginjal dan hati, memerlukan air agar dapat bekerja dengan baik ( membantu mengeluarkan racun lewat air seni dan keringat). Selain itu, air juga membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh kita.
Manfaat lainnya adalah mengatur suhu tubuh kita, itu sebabnya jika kita kita demam, kita harus banyak minum air. Air juga membantu kita mengontrol nafsu makan. Jika kita banyak mnum, kita akan merasa kenyang dan makan secukupnya. Selain itu air juga membantu tubuh mengolah makanan menjadi energi yang diperlukan untuk beraktivitas.

Fakta-fakta tentang air
  • Air memiliki nama kimia hidrogen dioksida (H2O). Air terdiri dari tiga atom, yaitu dua atom hidrogen dan satu atom oksigan.
  • Air adalah satu-satunya zat di Bumi yang memiliki tiga wujud, yaitu cair, padat dan gas
  • Berat air yang membeku 9 persen lebih ringan dari pada berat air, itu sebabnya es mengapung bila berada di atas air.
  • Air mengatur suhu Bumi
  • Sembilan puluh tujuh persen (97%) dari semua air yang ada dipermukaan Bumi merupakan air asin(air laut). Dan yang tiga persen (3%) lagi adalah air tawar .
  • Diperlukan air sebanyak 15 bak mandi untuk menghilangkan pencemaran yang disebabkan oleh satu sendok makan minyak.
  • Satu liter air memiliki berat 1,01 Kg
  • Setiap hari 3 triliun ton air menguap terkena panas matahari.
  • Sebatang pohon mengeluarkan 265 Liter air dalam bentuk uap setiap hari. 

    Dan masih banyak lain lagi tentang fakta-fakta keistimewaan air.
  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar