Kamis, 16 Desember 2010

Air Garam Mampu Mengurangi Rasa Sakit Gigi

Berkumur air garam
          Gigi berlubang? atau gusi meradang? hal yang kerap disarankan untuk mengurangi keluhan sakit gigi adalah segera berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan air garam ( NaCl ). Cara tersebut cukup efektif meredakan cenut-cenut dan gusi meradang yang diderita. Tetapi berkumur air garam hanya untuk solusi sementara lho sob dan jika efeknya hilang maka penderita akan mengeluh lagi seperti semula.

Garam (Nacl)
     Satu sendok makan garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat memang dapat digunakan sebagai obat kumur. Sebab, larutan itu berguna sebagai antiseptik ringan dan mengurangi rasa sakit. Berkumur air garam juga mempercepat penyembuhan luka pada gusi. Dengan berkumur air garam, suasana rongga mulut menjadi basa. Kondisi tersebut mengurangi bakteri asam, penyebab penyakit gigi tetapi itu sifatnya hanya untuk sementara.

     Tidak disarankan untuk berkumur air garam terus menerus, terutama pas rasa sakit gigi dan ngilu mulai muncul lagi. Sesuatu yang berlebihan tentunya berdampak negatif bagi tubuh, dan sebaiknya periksakanlah gigi anda ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab gigi atau gusi yang sakit.

     Bila dokter mendiagnosis pasien menderita radang gusi, bisa segera dilakukan pengobatan. Salah satu pemicu radang gusi adalah terbentuknya plak. Tindakan pertama pada penderita radang gusi adalah menghilangkan plak yang menempel disela-sela gigi. Dan untuk mahkota gigi sudah rusak tetapi dengan saraf yang masih baik, tidak perlu pencabutan gigi, begita pula untuk gigi yang berlubang dengan keluhan nyeri yang mennyentuh jaringan pulpa (saraf) juga tak selalu harus dicabut. ini masih bisa dilakukan parawatan saraf gigi, setelah saraf gigi membaik dan tak ada radang, pasien bisa memasang mahkota gigi tiruaan.



4 komentar:

  1. Tips sederhana namun sangat berguna , makasih kawan,,,,,

    BalasHapus
  2. Boleh juga nih tipsnya, nambah ilmu baru..

    BalasHapus
  3. bener banget tuh bro...
    cz udah pernah nyobainn..

    BalasHapus
  4. @Anisayu : iya mbak sama-sama
    @kampung perawan : iya non ilmu tu harus ditambah trus biar pinter hihihi...
    @sentraBLOG : wah ternyata udah pernah nyobain toh gan, ya semoga jangan sakit gigi lagi dech cz gak enak banget hehehe

    BalasHapus