Sabtu, 11 Desember 2010

Memahami Prefecth, Agar kinerja Windows Meningkat

       

       Apakah prefecth itu, mengapa prefecth itu penting, dan bagaimana cara mengoptimalkan prefecth agar kinerja komputer anda meningkat. prefecth adalah fitur pada Windows XP dan Windows server 2003 yang berfungsi meningkatkan kerja pada saat booting dan starting sebuah aplikasi.
 
          Caranya adalah : pada saat booting atau starting sebuah aplikasi, windows akan mengamati file-file apa saja yang di load pada saat aplikasi tersebut mengalami inisialisasi. ketika booting atau starting berikutnya, windows akan me-load file-file ini sebelum di minta.

         Mengapa perfecth mempercepat windows?? karena ternyata dalam booting atau inisialisasi, tidak seluruh file-file di load, tapi hanya segmen-segmen tertentu yang di-load. sebuah file bisa beberapa segmen (yang berbeda-beda) di-load, misalnya kalau aplikasi me-load sebuah file library. Akibatnya, file tersebut akan diakses berulang kali untuk meload segmen-segmen yang dibutuhkan.

        Perfecth melakukan optimalisasi proses loading ini, dengan mengidentifikasi tidak hanya file-file mana yang perlu di-load, tapi juga segmen-segmen mana dari file-file tersebut yang perlu di-load. Akibatnya, mengakses file-file yang sama secara berulang kali, Perfecth mengakses semua segmen yang dibutuhkan dari semua file yang dipakai pada saat yang sama. ini sangat mempercepat proses loading dari suatu aplikasi, karena sebelum aplikasi secara explisit meminta segmen tertentu, perfecth telah menyiapkan di memory.

        Banyak orang menyangka bahwa prefecth me-load semua aplikasi yang pernah dipakai saat booting. Hal ini tidak benar. Perfecth tidak melakukan prefetching jika file tersebut tidak diperlukan.
Jadi, sebuah file yang hanya digunakan photoshop, misalnya, tidak akan di-load pada saat booting atau saat aplikasi selain photoshop dijalankan. File tersebut hanya akan di-load jika pengguna menjalankan Photoshop.

Seberapa penting perfecth itu?


       Bagaimana prefecth bekerja, dan bagaimana prefecth mempercepat booting dan inisialisasi aplikasi sudah terurai diatas, namun prefecth lebih dari sekedar melakukan loading sebelum diminta.
Prefecth juga mencatat urut-urutan segmen atau file yang di-prefecth-nya dalam sebuah file yang bernama "layout.ini". nah, file ini dapat dimanfatkan oleh program-program Disk Defragmenter untuk lebih mengoptimalkan posisi layout file-file dalam Harddisk.

      Akibat dari penggunaan file "layout.ini" tersebut, tidak hanya akses hard disk lebih cepat lagi, tetapi juga mengurangi beban kerja hard disk yang berarti memperpanjang umur hard disk anda.

6 komentar:

  1. Harus kubaca ni biar pinter hmmmmm sip,,,,

    BalasHapus
  2. mampir awal...sambil baca baca..kayaknya perlu juga dipelajari nih....

    BalasHapus
  3. lumayan perlu dipraktekin tuh sob, biar aktifitas kita makin kenceng..hehhehe

    BalasHapus
  4. iya ki monggo dpraktekin xixixi..

    BalasHapus