Jumat, 10 Desember 2010

Perhatian Untuk Mata

Mata lelah
           Mata anda lelah sob, berair, dan mengantuk sebenarnya itu adalah sinyal dari bagian tubuh yang satu ini. Jika mata anda terasa lelah, jangan paksa untuk membaca. Percuma, karena tulisan akan tampak kabur dan itu menambah penat sob. Pejamkan sejenak, rileks, dan buka mata pelan-pelan. kerjap-kerjapkan mata anda untuk menurunkan ketegangan sob. Bila terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan saja pandangan ke arah yang jauh kurang lebih jarak 10 meter. Lakukan cara ini untuk setiap 30 menit sekali.
  
        Jika anda memakai kaca mata, kadang-kadang kacamata menjadi biang penat lho sob. Lepaskan saja untuk sejenak. Biarkan mata anda bebas, akan tetapi jika anda akan membaca, kenakan lagi kaca mata anda. Jangan paksa untuk melihat tanpa bantuan kaca mata sob. Dan biasakan membaca dengan penerangan yang cukup, jika anda membaca ditempat terlalu terang itu akan membuat mata lekas lelah.

        Mungkin paparan televisi juga membuat mata anda cepat lelah. Jika tak bisa meninggalkan televisi sob, ikuti siarannya aja tanpa harus memaksa mata untuk memandang layarnya. misalnya, mendengarkan berita atau musik tanpa harus menonton televisi, dan jika perlu kurangi saja jam menonton TV. sedangkan yang sering bekerja di depan layar komputer atau laptop sering-seringlah untuk berdiri, itu akan membuat otot-otot di sekitar leher anda supaya tidak tegang dan pikiran anda tidak akan terlalu penat sob.


3 komentar:

  1. Benar sekali mata juga perlu istirahat cukup dan panca indra sangat penting hehehe

    BalasHapus
  2. bnr juga sob, klo dah didepan komp menone udh males berdiri, melotoooot trs hahahahahahahaha........

    BalasHapus
  3. @Anisayu : bener mbak
    @mas andik : Apalagi kalau sambil liat yang begituaan pasti tambah males tuk berkedip xixixixix

    BalasHapus