Selasa, 27 September 2011

Azolla campuran pakan ikan berkadar protein tinggi

Azolla

Setelah postingan sebelumnya, kita membicarakan tentang cara pembuatan pakan ikan sendiri. Kini kami akan memberikan info tambahan pakan campuran yang kaya akan protein dan mudah didapat.  Azolla telah dikenal do China sejak tahun 1540, dan pada awal abad ke 17, beberapa daerah telah menggunakan Azolla sebagai pupuk hijau. Azolla berasal dari bahasa latin, yaitu Azo yang berarti kering dan Ollyo yang berarti mati. Tanaman ini akan mati bila dalam keadaan kering. Azolla merupakan tumbuhan sejenis paku-pakuan air yang hidupnya mengambang di atas permukaan air. Berukuran kecil, lunak, bercabang-cabang tidak beraturan. Helain daunnya tumpang tindih, tersusun saling menutup.
Apa keunggulan Azolla????
Azolla selama hidupnya bersimbiosis mutualisme dengan ganggang hijau biru Annabaena azollae, yang mampu memfikasi nitrogen dari udara bebas. Kerja sama yang saling menguntungkan antara Azolla sebagai tanaman inang dan Annabaena azollae yang menumpang hidup, terjadi sebagai berikut:
1. Annabaena azollae mengakumulasi nitrogen dari udara dalam jumlah yang banyak, melebihi kebutuhannya, sehingga kelebihannya dilepaskan ke dalam media (tanaman inang) dan lingkungan tumbuh Azolla tersebut, sehingga dengan demikian Azolla dapat berkembang secara vegetatif dengan sangat cepat.
2. Sebaliknya Annabaena azollae memperoleh karbohidrat dari tanaman inang Azollae.
Penelitian Azolla Terhadap Pakan Ikan
Penelitian mengenai pengaruh tepung Azolla sebagai bahan penyusun pakan ikan nilai merah oleh Widya Susanto pada tahun 1995, memberikan hasil sebagai berikut :
1. Tepung Azolla tidak mengganggu proses daya cerna protein pada ikan.
2. Penambahan azolla pada pakan ikan yang paling baik dilakukan pada kadar 15%-16% atau dengan perbandingan 1:3 antara protein tepung kedelai dengan Azolla.
Di china, penelitian terhadap ikan gurame dengan memberikan tambahan pakan 22,8% Azolla segar ke dalam konsentrat pakan ikan, ternyata tidak merubah kualitas ikan sama sekali. Setiap pemberian Azolla sebanyak 31,5 kg, dapat meningkatkan berat badan ikan gurame sebesar 1 kg/ekor.
Dengan hasil penelitian yang dilakukan memberikan hasil yang baik dan berpengaruh terhadap ikan. Dengan manfaat kandungan nitrogen yang tinggi pada Azolla hal ini sangat baik jika dijadikan pakan campuran pada pembuatan pakan sendiri. Kandungan Nitrogen yang tinggi pada azolla akan meningkatkan kadar protein pada pakan buatan.
dikutip dari:rendifarm

1 komentar:

  1. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Kami menyediakan BIBIT AZOLLA. Untuk pemesanan hubungi 0857 1790 7467, 0823 3234 8282 info selengkapnya tentang azolla: http://bibitazollagambiran.blogspot.com/2012/07/manfaat-tanaman-azolla.html

    BalasHapus