Kamis, 29 September 2011

Mengatasi Lele Mati Mendadak Karena Suhu Air Dingin

             Sering kali petani lele merasa bingung, syarat-syarat air yang bersih dan baik sudah dilakukan. Pemberian platon atau EM-4 ke kolam juga sudah dilakukan. Akan tetapi banyak ikan lele mati dengan jumlah besar dan terjadi pada benih lele yang kecil sekitar ukuran 5-7. Banyak dari kita mengambil kesimpulan karena bibit yang buruk, kurang sehat dll. Kami dari Randi Farm pernah mengalami hal tersebut. Setelah kita amati tingkah lakunya. Perilaku lele ini biasanya bergerombol atau berkumpul pada ujung kolam. Dan bisa kita asumsikan bahwa ikan lele yang bergerombol mereka mencari kehangatan. Jika hal ini tidak diatasi ikan lele akan mati kedinginan dalam jumlah yang besar. Ternyata suhu air yang dingin menyebabkan ikan lele kecil banyak yang mati, bukan karena penyakit atau bibit yang buruk. Hal ini biasa terjadi pada malam hari, dimana suhu udara dan bumi juga sama-sama dingin.Kemudian pagi harinya lele akan mati. Biasanya untuk mencegah hal ini pada kolam terpal dibawahnya dilapisi jerami. Akan tetapi di Randi Farm untuk mengatasi hal tersebut kami menggunakan penghangat air yang dibuat dari bahan yang sederhana.
Penghangat air yang kami pakai menggunakan bahan sebagai berikut :
  1. Kaleng bekas
  2. Pitingan lampu
  3. Lampu bohlam 75 watt.
  4. Jak
  5. Kabel
  6. Kayu
Cara membuat
  • Kaleng bekas dibersihkan.
  • Rangkai kabel, pitingan lampu, dan jak menjadi satu.Panjang kabel disesuakan antara colokan listrik dengan jarak kolamnya.
  • Setelah itu gantung lampu didalam kaleng. Dan kaleng yang didalamnya sudah ada lampu pada bagian bawah kaleng direndam ke dalam air, atau diapungkan.
  • Prinpsipnya dengan adanya lampu di dalam kaleng, akan memanaskan kaleng. Dan kaleng yang dibawahnya sudah terendam air akan menghangatkan air disekitar kaleng.
Hasilnya seperti gambar dibawah ini





Semoga solusi ini bisa diterapkan dan bisa membantu.
Dikutip dari: randifarm.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar