Senin, 17 September 2012

Jenis kelinci dan Perawatannya


Astana, Belakangan hewan kelinci naik pamor.  Saat ini banyak orang yang membeli binatang lucu ini sebagai hewan peliharaannya.  Apalagi dengan munculnya beragam jenis kelinci hias yang unik, lucu dan menggemaskan, membuat orang tertarik untuk memeliharanya.  Di berbagai kota kelinci hias seakan menjadi pilihan alternatif jenis hewan peliharaan yang banyak di pilih orang selain anjing, kucing maupun ikan hias.  Selain penampilannya yang lucu, kelinci hias juga mudah dalam pemeliharaannya.  Bahkan tak jarang kelinci hias sering di gendong atau di ajak jalan-jalan oleh pemiliknya layaknya kucing atau anjing.  Ada beberapa jenis kelinci hias yang dikenal di Indonesia, diantaranya :

Kelinci Angora
kelinci anggora

Kelinci ini merupakan jenis kelinci berbulu panjang dan lebat, mirip kucing jenis angora.  Ada beberapa jenis kelinci Angora yang banyak dipelihara orang, diantaranya Angora Inggris, Angora Perancis, dan Angora Giant.
Kelinci Angora Inggris merupakan jenis kelinci berbulu lebat yang paling banyak digemari.  Bentuk badannya realtif kecil dibandingkan jenis angora lainnya, sedangkan warna bulunya sangat beragam dari putih, abu, ungu, pearl, coklat, dan chincilla.
Kelinci Angora Perancis tidak terlalu lebat bulunya, terutama pada bagian wajah dan kaki, serta lebih mudah dalam pemeliharaanya.  Jenis dan warna bulunya juga beragam, dari tort, pearl, chesnut, maupun agouti.
Sedangkan kelinci Angora Giant ukurannya paling besar dari jenis ini, bahkan bisa mencapai berat 10 kg.  Telinga cenderung tegak dengan bentuk wajah agak kotak, dan kebanyakan berwarna putih.

Kelinci Lion
kelinci lion
kelinci lion

Ada beberapa jenis yang termasuk  kelompok ini, yaitu yang bertelinga tegak, dan bertelinga turun atau menempel ke pipi (lop).  Namun karena bentuk bulu diwajahnya mirip singa kadang juga disebut kelinci Lionhead.
Kelinci berbulu panjang ini termasuk jenis baru yang realtif mudah dekat dengan manusia.  Bahkan bila dilepaskan dalam rumah, kelinci jenis ini juga relatif patuh dan tidak liar.

Kelinci Nederland Drawft
Kelinci Nederland Drawft
Kelinci Nederland Drawft


Kelinci ini berukuran kecil sehingga sering juga dijuluki sebagai kelinci mini.  Penampilannya unik dan menggemaskan dengan varietas yang terbatas, namun kelinci ini realtif jarang bereproduksi.

Kelinci Fuzzy Lop
http://rabbitholerabbitry.com/forsale/Fuzzy%20Lops%207-23-020.jpg
Kelinci Fuzzy Lop
Kelinci Fuzzy Lop


Jenis kelinci Fuzzy Lop cukup banyak, diantaranya American Fuzzy Lop maupun jenis Holland.  Bnetuk wajahnya cenderung rata, badan pendek namun agak gempal.
Salah satu ciri utama jenis ini adalah telinga yang jatuh menyentuh pipi sehingga di namakan lop.  Ini termasuk kelinci hias berbulu panjang dengan rupa warna cukup banyak, bahkan mencapai 19 jenis warna.


Tip Perawatan Berbagai Jenis Kelinci Hias

        Sebagai hewan hias tentu masalah perawatan kelinci ini harus diperhatikan dengan baik.  Namun secara umum, perawatannya tergolong mudah.
Untuk kelinci berbulu pendek, cukup di mandikan 1 atau 2 kali sebulan.  Sedangkan untuk yang berbulu panjang harus lebih sering.  Setelah itu sisir bulunya dengan sisir yang sesuai, terutama untuk kelinci yang berbulu panjang.
         Untuk kandang, sebaiknya dibuatkan kurungan yang rangkanya terbuat dari logam agar tidak di makan kelinci.  Begitu juga tempat sisa makanan dan kotoran feses, sebaiknya sering dibersihkan agar tidak menimbulkan penyakit.  Begitu juga untuk menjaga keamanannya, agar tidak bisa dimasuki binatang pemangsa lainnya seperti kucing dan anjing.
Sedangkan untuk makanannya, kelinci hias relatif mudah.  Sediakan saja jenis tumbuhan atau sayuran maupun makanan jadi yang bisa dibeli di toko pakan hewan.  Namun untuk makanan dari sayuran atau tumbuhan sebaiknya pilih yang agak kering supaya kelinci tidak mengalami kembung air.

2 komentar:

  1. mau nanya gan, perlakuan apa yg harus dilakukan agar kelinci jantan bisa semangat mengawini betina..?? skarang klinci jantan saya lg loyo kayanya.. :(

    BalasHapus
  2. wah kalau itu kayaknya harus di pisah dulu gan selama 1-2 bulan baru di campur lagi gan

    BalasHapus